DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI
.................................................................................................... ii
BAB
I PENDAHULUAN
................................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang
............................................................................................. 1
1.2 Tujuan
Praktikum
......................................................................................... 1
BAB
II TINJAUAN PUSTAKA ...................................................................... 2
2.1 Persiapan
Praktikum ..................................................................................... 2
2.1.1 Perangkat Keras
................................................................................... 2
2.1.2 Perangkat Lunak
.................................................................................. 2
2.2 Dasar Teori
................................................................................................... 2
BAB
III PELAKSANAAN PRAKTIKUM .................................................... 8
3.1 Pembuatan
Program Sederhana .................................................................... 8
BAB
IV PENUTUP ......................................................................................... 10
4.1 Kesimpulan
................................................................................................. 10
4.2 Saran
........................................................................................................... 10
DAFTAR
PUSTAKA ..................................................................................... 11
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Basis data adalah
kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga
dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi
dari database tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan
mengambil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data.
Pemrosesan basis
data sebagai perangkat andalan sangat diperlukan oleh berbagai institusi dan
perusahaan. Dalam pengembangan sistem informasi diperlukan basis data sebagai
media penyimpanan data. Kehadiran basis data dapat meningkatkan Daya saing
perusahaan tersebut. Basis data dapat mempercepat upaya pelayanan kepada
pelanggan, menghasilkan informasi dengan cepat dan tepat sehingga membantu
pengambilan keputusan untuk segera memutuskan suatu masalah berdasarkan
informasi yang ada.
1.2 Tujuan Praktikum
1. Memahami
konsep microsoft visual basic
2. Memahami
perintah – perintah pada microsoft visual basic
3. Mampu
membuat program menggunkan microsoft visual basic.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1 Persiapan
Praktikum
2.1.1
Perangkat Keras
a.
Monitor
b.
Keyboard
c.
Mouse
d.
CPU
2.1.2
Perangkat Lunak
a.
Microsoft Visual Basic 6.0
1.2
Dasar
Teori
Apa Itu Visual Basic ?
Visual Basic adalah bahasa
Pemrograman yang sangat mudah dipelajari dan dimengerti meskipun oleh orang
yang baru saja belajar membuat program. Dengan teknik pemrograman visual yang
memungkinkan penggunanya untuk membuat kreasi yang lebih baik dalam memproduksi
suatu program. Hal ini terlihat dari dasar pembuatan dalam visual basic, yaitu
FORM. dimana dengan Form ini pengguna dapat mengatur tampilan form kemudian
dijalankan oleh script yang mudah.
Pada tampilan Awal Visual Basic 6.0
terdapat beberapa interface diantaranya :
1. Menu Bar
Menu Bar merupakan kumpulan
menu perintah yang dikelompokkan berdasarkan kriteria pengoprasiannya. Menu Bar
ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya masing-masing.
Tabel 1.1 Penjelasan
Menu-Menu di Menu Bar
2. Toolbar
Toolbar merupakan sekumpulan tombol
yang mewakili suatu perintah tertentu pada Visual Basic. Kehadiran
tombol-tombol speed pada toolbar akan sangat membantu dalam mempercepat akses
perintah. Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering
digunakan dan terdapat pula pada menu Visual Basic, seperti pada menu Edit, Copy. Toolbar
ini juga telah dikelompokkan berdasarkan fungsi dan keterangannya masing-masing
Tabel 1.2 Fungsi-fungsi perintah di
Toolbar
3. Toolbox
Toolbox merupakan sebuah
jendela di mana obyek atau kontrol ditempatkan, yang nantinya dibutuhkan untuk
membentuk suatu program yang dilakukan dengan cara memasangnya pada sebuah
Form.
Tabel 1.3
Fungsi perintah-perintah di Toolbox
4. Form Windows
Form Window (Jendela Form)
merupakan area kerja di mana sobat nantinya akan merancang suatu program
aplikasi Visual Basic. Dan pada jendela form ini juga sobat bisa meletakkan
kontrol (obyek) seperti : Command Button, TextBox, Label, CheckBox, dan lain-lain.
Sedangkan untuk ukuran dari jendela form pada mulanya berukuran kecil namun
sobat dapat mengubah ukurannya sesuai dengan kebutuhan.
5. Project Explorer
Project Explorer merupakan
area yang berisi semua file program aplikasi Visual Basic. Suatu aplikasi
dalam Visual Basic biasanya disebut dengan Project (Proyek), dan setiap
proyek dapat terdiri dari satu atau lebih file misalnya : Form, Modul, Class
dan lain sebagainya.
6. Properties Windows
Pada Window ini berisi semua
informasi mengenai kontrol (obyek) yang dibuat, dan bertugas menyiapkan segala
properti dari kontrol yang nantinya diperlukan ketika melakukan perancangan
User Interface maupun pemrograman. Pada bagian paling atas dari jendela
properties terdapat kotak yang menunjukkan nama obyek yang sedang aktif. Dimana
nama dari obyek akan tampil pada kotak tersebut ketika kita melakukan klik
langsung pada obyek yang terpasang pada form.
7.
Form Layout
Window
Form Layout Window merupakan jendela yang menunjukkan
tata letak dari form saat ditampilkan pada layar monitor. Dengan kata lain atas
bantuan fitur ini, sobat akan tahu persis dimana posisi aplikasi saat
dijalankan pada layar monitor.
8.
Code Window
Code Window merupakan area dimana sobat dapat menuliskan kode-kode program
Visual Basic. Suatu kode-kode program merupakan kumpulan dari instruksi untuk
menjalankan obyek yang berupa kontrol maupun form serta logika program. Untuk
menampilkan jendela ini sobat cukup melakukan double klik pada kontrol maupun
form, yang dimana kursor nantinya kita gunakan untuk menuliskan kode-kode
program berada diantara perintah.
DAFTAR
PUSTAKA
Eltron, 2016, Pengenalan
Dasar-Dasar Visual Basic, http://www.eltron26.net/2016/02/pengenalan-dasar-dasar-visual-basic-60.html
Di akses 11 Oktober 2016
Ema Nur Hamidah, dkk. Modul
Praktikum Basis Data II. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Teknik
Universitas Janabadara Yogyakarta.
Fikri, 2013, Bagian-Bagian
Pada Visual Basic 06 http://fikrithelefthand.blogspot.co.id/2013/11/bagian-bagian-pada-visual-basic-06-dan.html
Di akses 11 Oktober 2016
Hatma, Sartika. 2015, Pengenalan Dasar Microsoft Visual Basic
http://mediadasar.blogspot.co.id/2015/06/pengenalan-dasar-microsoft-visual-basic.html
Di akses 11 Oktober 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar